Senin, April 06, 2009

Info : Mengenai Pemanggilan Casis

Oleh : Suroso

Sumber : Disdikau


Disdikau adalah Badan Pelaksana Pusat Mabesau dengan tugas sebagai penyelenggara fungsi pendidikan di TNI Angkatan Udara. Salah satu tugas yang dilaksanakan adalah menyelenggarakan seleksi peserta didik bagi personel TNI AU pada seluruh strata pendidikan yang pada pelaksanaannya di kendalikan melalui subdis-subdis di jajaran Disdikau.

Proses seleksi pemanggilan untuk mengikuti program pendididan yang dilaksanakan merupakan hasil koordinasi dengan Disminpers, Inbinprof dan Ingunpers. Adapun Subdis-subdis dibawah Disdikau adalah sebagai berikut :

  • Subdis dikmatuklih adalah staf pelaksana Disdik dalam penyelenggaraan pembinaan pendidikan pertama, pendididkan pembentukan baik Perwira maupun Bintara, Sussarjemen, Pa PK dan pendidikan peralihan.
  • Subdis dikiptek adalah staf pelaksana Disdik dalam penyelenggaraan pembinaan pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan bahasa asing dan pendidikan lainnya yang diselenggarakan di dalam maupun luar negeri.
  • Subdis dikjurbata adalah staf pelaksana Disdik dalam penyelenggaraan pembinaan pendidikan kejuruan Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan Udara.
  • Subdis dikbangum adalah staf pelaksana Disdik dalam penyelenggaraan fungsi pembinaan Pendidikan Pengembangan Umum Perwira (Lemhanas, Sesko TNI, Seskoau dan yang sederajat serta Sekkau dan yang sederajat), Pendidikan Paket Belajar Sendiri (P2BS) serta Pendidikan dan Latihan Struktural PNS dan Pendidikan Administrasi Umum.
  • Subdis dikkualsus adalah staf pelaksana Disdik dalam penyelenggaraan pembinaan pendidikan kualifikasi khusus Tek, Kal, Kes, Lek, Min, Sus, Psk baik Perwira maupun Bintara.
  • Subdis dikcabpa adalah staf pelaksana Disdik dalam penyelenggaraan pembinaan pendidikan kecabangan Perwira yang meliputi pendidikan kecabangan Perwira, Pendidikan Penerbang Navigator dan pendidikan jabatan.

Seluruh pendidikan yang diselenggarakan Disdikau menggunakan mekanisme pemanggilan calon siswa dengan seleksi dan tanpa seleksi.

Mekanisme Pemanggilan dengan Seleksi

  1. Berdasarkan Prodik dan Proja Disdikau, Disdik berkoordinasi dengan Disminpersau tentang permintaan calon peserta untuk mengikuti seleksi berdasarkan ketentuan dan persyaratan yang harus diikuti dalam pendidikan.
  1. Disminpers berkoordinasi dengan Inbinprof dan Ingunpers, tentang permintaan calon peserta seleksi yang direncanakan Disdikau.
  1. Ingunpers mengirimkan daftar calon peserta seleksi ke inbinprof dan Disminpersau sesuai prosedur.
  1. Inbinprof mengirimkan daftar calon peserta seleksi ke Disminpersau sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.
  1. Disminpers mengirimkan daftar calon peserta seleksi sesuai dengan permintaan Disdikau.
  1. Disdikau membuat telegram panggilan calon peserta seleksi sesuai daftar nama yang diajukan oleh disminpers dan mendistribusikan ke satuan terkait.
  1. Pelaksanaan seleksi sesuai jadwal yang telah di tentukan dan bagi calon peserta yang lulus seleksi diserahkan ke satlakdik untuk melaksanakan pendidikan.

Mekanisme Pemanggilan Tanpa Seleksi

1. Berdasarkan Prodik dan Proja Disdikau, Disdik berkoordinasi dengan Disminpersau tentang permintaan calon peserta untuk mengikuti seleksi berdasarkan ketentuan dan persyaratan yang harus diikuti dalam pendidikan.

2. Disminpersau mengirim surat ke Inbinprof dan Ingiunpers berisi tentang permintaan calon peserta didik.

3. Ingunpers berkoordinasi dengan Inbinprof guna menentukan calon peserta didik sesuai permintaan Disdikau.

4. Inbinprof mengirim surat ke Disminpers berisi daftar nama calon peserta didik sesuai permintaan Disdikau.

5. Disminpersau mengirim surat ke Disdikau berisi daftar nama calon peserta didik.

6. Disdik membuat telegram panggilan dan mendistribusikannya ke alamat satuan terkait. Pelaksanaan pendidikan di Satlakdik sesuai jadwal yang ditentukan.


Demikian mekanisme pemanggilan calon siswa untuk mengikuti pendidikan, semoga dapat menambah pemahaman para pengunjung dalam menyikapi setiap permasalahan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Lucu banget

 
KOMPAK@90 - © 2007 Template feito por Templates para Você